Tips Menghemat Listrik Kantor

Menghemat Listrik kantor memang sangat diperlukan, hal ini untuk mengurangi tagihan listrik bulanan dikantor agar tidak terlalu besar. Anda bisa memulai dari mematikan alat-alat elektronik yang tidak perlu, dan gunakan seperlunya saja. Karena hampir semua peralatan elektronik bekerja secara penuh di kantor. Dari pagi hingga malam. Mulai dari komputer, printer, AC serta mesin fotokopi dan sebagainya. Banyak pegawai sering kelupaan mematikan monitor atau mencabut colokan listrik, misalnya.

Produk elektronik yang masih standby akan terus mengonsumsi daya listrik. Sebab itu, sebaiknya pegawai kantor harus membiasakan mematikan komputer begitu selesai bekerja. Perkantoran adalah salah satu pengkonsumsi energi terbesar. Bayangkan berapa besar energi listrik yang diperlukan untuk menerangi, menjaga suhu ruangan dan menyalakan peralatan elektronik pada suatu gedung kantor. Pemborosan listrik tentu akan berdampak pada berkurangnya supply listrik dan pemadaman listrik bergilir. Pemadaman listrik di Indonesia seolah menjadi berita biasa.Apakah Hal tersebut menandakan bahwa sumber daya alami dari bumi makin terbatas jumlahnya. Pernahkah terpikir oleh Anda, bagaimana bila semua sumber daya ini kelak habis?

Sebelum itu terjadi, sudah waktunya kita bijak dan hemat menggunakan energi dalam seluruh segi kehidupan kita. Dengan sedikit saja perubahan perilaku dan pola konsumsi energi, kita dapat menghemat begitu banyak dan menyelamatkan masa depan anak dan cucu kita nantinya.

Biasanya di kantor, AC adalah pengkonsumsi energi paling besar (50-70%). Dan atur kebijakan untuk  menghematnya. Mungkin dapat juga dilakukan pemberian timer pada peralatan yg menggunakan listrik pengontrol pemakaian / setting hanya bisa dilakukan orang tertentu.
Boleh juga diusulkan kepada pimpinan agar membuat aturan tentang penghematan listrik; contohnya pada hari libur semua perlengkapan kantor (seperti lampu, AC, komputer, dll) harus dalam kondisi mati, kecuali yang dibutuhkan. Ini sangat mungkin dilakukan dengan berkoordinasi dengan bagian kebersihan dan bagian pemeliharaan.

Buat suatu standarisasi dalam perusahaan. Seperti, komputer yang akan ditinggal lebih dari 15 menit harus dimatikan, temperature AC ditetapkan pada 24 derajat celcius, dan sebagainya. Bahkan sangat baik jika ada langkah-langkah terencana untuk melakukan penghematan di segala sisi. Dan lakukan evaluasi misal seminggu sekali untuk mengetahui adanya penurunan listrik yang dipakai dengan action yang telah diambil. Ini penting untuk mengetahui efektif tidaknya langkah-langkah yang diambil.

Kampanyekan hemat listrik di kantor Anda. Misal dengan memasang spanduk, menempel pamflet, atau menempel stiker untuk menghemat listrik. Dan yang tak kalah penting, dorong diri sendiri serta rekan-rekan kerja untuk menerapkan hemat listrik secara konsisten.

Tentang AC atau pendingin ruangan di kantor. Penggunaan listrik untuk pendingin ruangan adalah salah satu konsumsi energi terbesar. Agar listrik tak terbuang percuma, tak perlu mematok suhu terlalu rendah, tubuh kita cukup nyaman dengan suhu sejuk (22-24 derajat Celcius).

Tips lain berhemat listrik dikantor adalah sebisa mungkin ganti semua bola lampu dengan bola lampu yang hemat energi. Tentang alat perangkat elektronik dikantor, maka pilihlah peralatan kantor yang hemat energi. Laptop hemat energi hingga 90% dibanding desktop computer. Begitu juga dengan ink jet printer yang lebih hemat energi hingga 90% dibanding laser printer.

Jangan sampai lupa mematikan lampu, komputer, monitor, dan mesin fotokopi saat akan pulang. Banyak orang lupa mematikan monitor yang sebenarnya mengkonsumsi banyak energi, begitu juga printer yang dinyalakan terus menerus selama tidak digunakan.

Screen saver komputer Anda tidak menghemat konsumsi energi, lebih baik gunakan sleep mode atau matikan total jika tidak digunakan dalam waktu lama.
Nah demikianlah beberapa tips dan trik cara menghemat listrik di kantor. (Dari berbagai sumber).

Penulis: 
Nina
Sumber: 
Kantor Perwakilan

Artikel

21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
09/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi