Tembus Kemacetan, Wakil Gubernur Jalan Kaki ke Lokasi HUT ke-72 TNI

Cilegon - Kamis (5/10/2017), usai menembus kemacetan, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung akhirnya tiba di lokasi peringatan HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten. Wakil Gubernur berjalan kaki karena kemacetan menghambatnya menuju lokasi tersebut. HUT TNI kali ini mengambil tema "Bersama Rakyat TNI Kuat". Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Presiden RI. Beliau tiba di lokasi pukul 08.30 WIB. Tampak di sebelah beliau Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Selain itu, hadir pula Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI mengungkapkan terkesima dan bangga ketika mendengarkan sumpah prajurit dibacakan secara lantang. “Sampai kapan pun TNI tetap harus waspada terhadap rongrongan dari dalam maupun luar yang mampu mengganggu Pancasila dan UUD 1945, tetap menjaga stabilitas politik dan keamanan NKRI, dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat serta transparansi nasional,” ungkapnya.

Di lain sisi, walaupun harus berjalan jauh tampak Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung begitu antusias selama upacara berlangsung. “Semakin tinggi pangkat maka semakin tinggi tanggung jawab yang diemban, serta tentunya tetap harus menjadi panutan berbangsa dan bernegara. TNI tidak boleh lengah dan tetap harus bersatu dengan segala komponen dan institusi bangsa,”pesannya.

Bertindak selaku Komandan upacara Letjen TNI Edy Rahmayadi yang juga menjabat sebagai Pangkostrad. Parade dan defile pada HUT TNI kali ini berjumlah 5.932 orang. Komposisi pasukan terdiri dari Brigade Upacara I Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara III TNI AD, Brigade Upacara IV TNI AD, Brigade Upacara V TNI AL, Brigade Upara VI TNI AU, Batalyon Upacara PNS.

Sejumlah acara pendukung pun turut ditampilkan guna menghibur para tamu dan masyarakat yang hadir dalam ucara tersebut, diantaranya : demo alutsista dari tiga matra TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara. Selain itu, akan ada demonstrasi pencak silat yang melibatkan 1.800 prajurit, halang rintang laut gabungan, terjun free fall gabungan, terjun statik laut gabungan, dsm Jupiter Aerobic team.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Nurul Ihsan
Fotografer: 
Istari
Editor: 
Prima Indrasari

Berita

27/11/2017 | Badan Penghubung Provin...
27/11/2017 | Badan Penghubung Provin...
21/11/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...

Berita Berdasarkan Kategori