RAPAT KOORDINASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN 10 DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bapak Ir. H. Syahrudin, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta pada hari Rabu, 13 April 2016. Rapat koordinasi nasional (Rakornas) yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata  bertujuan membahas percepatan pembangunan terhadap 10 destinasi pariwisata prioritas dan update kebutuhan dan critical success factor pada destinasi tersebut.

Penetapan 10 destinasi prioritas ini merupakan amanat Presiden, melalui surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 perihal Arahan Presiden Republik Indonesia mengenai Pariwisata dan Arahan Presiden pada Sidang Kabinet Awal Tahun pada tanggal 4 Januari 2016. Destinasi-destinasi yang dimaksud adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo – Tengger – Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Pulau Morotai.

Sebelumnya, Pemerintah telah menetapkan 4 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yaitu Tanjung Lesung, KEK Mandalika, KEK Morotai, dan KEK Tanjung Kelayang. Masing-masing dari KEK ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah. Sedangkan untuk Badan Otorita akan dibentuk melalui payung hukum berupa Peraturan Presiden, yang dikelola oleh profesional sehingga diharapkan ada sebuah mekanisme bisnis, untuk memastikan kemajuan pariwisata di masing-masing destinasi.

Hasil dari rapat koordinasi ini diharapkan mampu tercipta penyamaan persepsi tentang strategi dan langkah percepatan yang perlu diambil secara terpadu dan terintegrasi. Pada kesempatanan yang baik ini dilakukan penandatangan komitmen dalam bentuk kesepakatan bersama Gubernur dan Menteri Pariwisata untuk 10 destinasi pariwisata prioritas. (Sumber : Dari berbagai sumber).

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Adwin
Fotografer: 
Pongky
Editor: 
Prima Indrasari