Provinsi Bangka Belitung ikut serta dalam Kriya Nusantara, 2017

Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menyelenggarakan pameran kerajinan bertajuk Kriya Nusa 2017. Pameran ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan. (Rabu, 27/09/2017).

Kriya Nusa merupakan ikon pameran kerajinan yang digelar oleh Dekranas. Para peserta pameran adalah Dekranasda, pengrajin binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peserta mandiri dan perwakilan pengrajin negeri sahabat anggota World Craft Council.

Pameran yang diikuti 381 stand Dekranasda Kementerian/Lembaga, dan Kabupaten/Kota se Indonesia ini berlangsung dari tanggal 27 September hingga 1 Oktober. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia ini berbarengan dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas dan Dekranasda dari seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dekranas, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Selain itu, juga hadir Ibu Tuti Try Sutrisno, Ibu Ani Yudhoyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, sejumlah istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), Ketua Dekrnasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi, dan sejumlah Ketua Dekranas Provinsi di Indonesia lainnya.

Di hadapan para perajin dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia, Presiden Joko Widodo mengaku menyukai hasil karya para perajin Indonesia. Beliau juga suka memajang produk-produk kerajinan suatu daerah sembari mengingat perjalanan yang ia lakukan ke daerah tersebut. Baginya, itu adalah sumber kenangan dan inspirasi tersendiri

Selain itu, Jokowi mengingatkan  Indonesia terdiri atas berbagai macam suku dan budaya, ditambah dengan anugerah Tuhan berupa alam yang begitu indah, menjadikan Indonesia memiliki keunggulan tersendiri bagi produk-produk kerajinan anak bangsa. Namun Presiden juga tetap mengingatkan bahwa perlu dilakukan modernisasi dalam segala aspek pembuatan produk kerajinan. Dengan itu diharapkan usaha kerajinan yang diusahakan para perajin menjadi semakin maju.

Sementara itu Ketua Dekranas Mufidah Yusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, pameran kerajinan nusantara tahun 2017 yang kedua mengambil tema Tingkatkan Kreatifitas Wirausaha Muda Kriya Indonesia.  Beliau juga mengharapkan  dekranas dan dekranasda sebagai bagian yang membina pengrajin agar mampu meningkatkan daya saing produk serta meningkatkan SDM melalui pelatihan .

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Babel, Hj. Melati Erzaldi mengatakan dalam upaya peningkatan kompetensi SDM, produk kerajinan melalui pelatihan, workshop, magang, pendampingan, penumbuhan wirausaha baru, mengadakan lomba desain, lomba industri kreatif, kerajinan unggulan khas Babel, menjadi salah satu muatan lokal pada pendidikan di SD, SMP, SMA/SMK di Babel.

Melati juga menyebutkan, pelaksanaan Rakernas Dekranas sekaligus Pameran Kriya Nusa ini, menjadi bagian yang sangat penting bagi Dekranasda Babel, untuk mengambil manfaatnya dan diaplikasikan selanjutnya.

Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi
Penulis: 
Nurul Ihsan
Fotografer: 
Istari
Editor: 
Prima Indrasari

Berita

27/11/2017 | Badan Penghubung Provin...
27/11/2017 | Badan Penghubung Provin...
21/11/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...

Berita Berdasarkan Kategori