ORGANISASI KEARSIPAN DUNIA

DI dunia kearsipan sering kita mendengar ICA International Council on archives)Pernahkah kita bertanya apakah  ICA itu apa?baiklah di sini akan kita bahas sedikit tentang ICA

Untuk mendukung penyelenggaraan kearsipan di dunia, telah dibentuk International Council on Archives (ICA) pada tahun 199948.  Dewan ini didedikasikan untuk menciptakan manajemen kearsipan yang efektif, upaya pelestarian, perdata dan penggunaan arsip sebagai warisan dunia secara profesional  di seluruh dunia. Arsip adalah sumber yang luar biasa, merekam segala aktivitas manusia dan merupakan saksi yang tak tergantikan untuk peristiwa masa lalu. ICA berusaha untuk melindungi dan menjamin akses ke arsip melalui bantuan advokasi, menetapkan standar, pengembangan profesional dan memungkinkan dialog antar arsiparis , pembuat kebijakan, pencipta dan pengguna arsip.

ICA adalah organisasi non-Pemerintah yang netral, yang didanai secara mandiri oleh anggotanya, memiliki sekitar 1400 anggota di 199 negara. Dewan ini memanfaatkan keragaman budaya yang keanggotaannya antuk memberikan solusi yang efektif dan fleksibel. Profesi imajinatif dalam penyelenggaraan kearsipan. Dalam operasionalnya ICA berkerjasama dengan para pemgambil keputusan di tingkat tertinggi dalam suatu negara. Serta bekerja sama dengan badan-badan antar pemerintah seperti UNESCO dan Dewan Eropa.

Misi dari ICA adalah untuk mempromosikan pelestarian dan penggunaan arsip di seluruh dunia. Dalam mengejar misi ini, ICA bekerja untuk perlindungan dan peningkatan memori dunia dan untuk  mempromosikan pengelolaan dan penggunaan dokumen dan arsip, serta pelestarian warisan arsip kemanusiaan di seluruh dunia,melalui  berbagi pengalaman, penelitian dan ide-ide tentang profesional arsip dan catatan manajemen masalah., dan pada manajemen dan organisasi lembaga kearsipan.

Pada tahun 2011 di Paris, ICA telah mengeluarkan Deklarasi Universal tentang Kearsipan bekerja dengan UNESCO. Deklarasi ini merupakan bentuk-bentuk kepedulian terhadap pentingnya arsip.

Saat ini ICA memiliki tiga belas cabang regional dengan berbagai tingkat aktivitas,  termasuk cabang Karibia (Caribbian Branch of International Council on Archives/Carabica), Cabang Afika an South Timur dan Selaan (East and South Africa Branch of Interntaional Caouncil on Archives), Selatan dan Barat cabang Asia (South and West Asian Baranch of International on Archives /ESARABICA)¸cabang Eropa (European Branch of International Council on Archives/ EURABICA),dan Pasifik wilayah cabang (Pacific Regional Branch of International Council on Archives /PARABICA), cabang Amerika Utara (North America Branch of International Council on Archives/NAANICA), termasuk cabang wilayah AsiaTenggara (South East Asia Regional Branch of International Council On Archives/SARBICA).

SARBICA ini didirikan pada konferensi perdana yang diselenggrakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 9 Juli 1968. Kenaggotaan inti dari SARBICA adalah para pemimpin lembaga kearsipan  (National archives) di setiap Negara ASEAN . SARBICA telah membatu hubungan profesional antara lembaga-lembaga kearsipan di kawasan ini. Tujuannya adalah untuk membangun, memelihara dan memperkuat hubungan antara arsiparis dari semua negara di kawasan itu, dan Siantar semua lembaga ,badan-badan profesional dan organisasi yang peduli angan hak asuh, organisasi Atau administrasi arsip.

ICA kini memiliki dua belas bagian profesional, yang memberikan banyak konten arsip  organisasi dan kegiatan, termasuk Seksi Kearsipan Pendidikan (SAE), Bagian untuk Rekaman Arsitektur (SAR), Bagian Untuk Lokal, Kota dan Teritorial Archives (SLMT), bagian dari Sports Archives (SPO), bagian untuk Archives Of Parlemen dan Partai Politik (SPP) dan Seksi Universitas dan Lembaga Penelitian (SUV).

Sumber : Modul Pengantar Kearsipan, Pusdiklat Anri; 2015

Penulis: 
Ibadiah Mahmuda
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi