MENGUNDURKAN DIRI

Memutuskan untuk pindah kerja ke suatu tempat yang telah Anda impikan selama ini?Berarti, ini saatnya Anda mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja. Tak usah dicap tak loyal. Kuasai hal-hal berikut agar perpisahan berjalan mengenakkan bagi kedua belah pihak.

Lakukan :

  1. Beritahukan pengunduran diri Anda kepada atasan langsung. Kapan? Ikuti peraturan yang berlaku. Biasanya, surat resmi pengunduran diri sudah harus diterima minimal satu bulan sebelum tanggal berhenti kerja.
  2. Jelaskan alasan Anda berhenti bekerja. Kalau Anda pindah ke perusahaan lain, tak usah memamerkan kelebihan yang akan Anda dapatkan disana. Cukup katakan bahwa Anda mendapatkan kesemapatan yang terlalu baik untuk dilewatkan. Bila ketidak cocokan dengan bos atau hal-hal semacam itu menjadi alasan, Anda bisa mengatakan bahwa Anda mengundurkan diri karena alasan “pribadi” dan tidak perlu menjelaskannya dengan terlalu mendetail.
  3. Berterimakasihlah pada bos (walupun hubungan Anda dengannya tak berjalan begitu mulus) atas bantuan dan kebaikan yang telah dilimpahkannya pada Anda selama ini.
  4. Beritakan kepergian Anda pada kolega di perusahaan lain yang biasa Anda tangani. Jangan lakukan ini untuk menjelek-jelekkan perusahaan. Ini bertujuan agar kolega  Anda tahu bahwa  nantinya mereka  tidak lagi ditangani oleh Anda.
  5. Kalaupun ada yang perlu diceritakan mengenai perusahanaan lama atau perusahaan baru Anda, tunggulah sampai Anda mapan bekerja ditempat yang baru.

Jangan Lakukan :

Menulis surat pengunduran diri  diatas kertas berlogo perusahaan? Jangan. Tulislah diatas kertas polos putih dengan rapi. Surat pengunduran diri adalah kepentingan pribadi. Kertas berlogo perusahaan biasanya hanya digunakan untuk kepentingan  perusahaan.

Penulis: 
Nurul Ihsan
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
09/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi