KARTU NAMA

Bertemu klien baru, teman lama ? Kemungkinan besar Anda memberi atau bertukar kartu nama. Oke, ini pasti tak asing lagi buat Anda. Tapi, sebaiknya Anda tahu bagaimana cara yang terbaik untuk melakukannya.

FUNGSI KARTU NAMA

Benda kecil bertuliskan nama, alamat, nomor telepon, plus (mungkin) alamat e-mail ini berfungsi sebagai alat pengingat sebagai  alat pengingat sebagai penghubung. Jadi, kalu Anda memberi kartu nama, berarti Anda menyatakan kesediaan dingat dan dihubungi

TIDAK PUNYA KARTU NAMA

Tidak usah panik. Bila kita tidak siap dengan kartu nama, entah karena habis atau memang tidak punya, berterus teranglah dengan sopan. Berjanjilah untuk mengirimkan kartu nama ke kantor relasi baru Anda. Dan tepati janjimu itu. Kalau memang sangat diperlukan, tulislah nama, alamat dan nomor telepon kita secarik kertas. Nah kalau hal ini terjadi pada relasi baru Anda, sodorkanlah kartu nama Anda. Biarkan dia menulis keterangan dirinya di balik kartu nama tadi.

BUSINESS CARD

Nah untuk bertemu dengan relasi baru yang berhubungan dengan pekerjaan, kartu nama inilah yang harus Anda berikan. Ingat, hanya tuliskan nama dan jabatan anda dilengkapi alamat, nomor telepon, faks atau (kalau ada) website dan alamat E-mail perusahaan yang Anda wakili. Kalau mau Anda boleh menuliskan gelar Anda. Biasanya, logo perusahaan juga akan terletak diatas kartu nama ini. Jadi, kartu nama ini mudah dikenali.

KARTU NAMA PRIBADI

Benda yang satu ini dimaksudkan untuk membangun hubungan pribadi, bukan bisnis. Cukup tuliskan nama, tanpa gelar, dan embel-embel lain, dan alamat, nomor telepon dan (kalau ada) alamat E-mail pribadi anda.

Yang wajib diperhatikan satu kartu nama hanya mewakili satu perusahaan. Jadi, kalu Anda bekerja dibeberapa perusahaan buatlah kartu nama terpisah. Sesuaikan kartu nama yang Anda berikan dengan pembicaraan yang dilakukan. Artinya bila Anda bernegoisasi membawa nama perusahaan A, berikan kartu nama yang menyatakan bahwa Anda mewakili perusahaan A.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

Penulis: 
Adwin
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
09/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi