KANTOR PERWAKILAN GELAR HALAL BIHALAL MASYARAKAT BANGKA BELITUNG DI JAKARTA

Sabtu (16/07/2016) Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Acara Halal Bihalal dan silahturahmi antara tokoh-tokoh masyarakat Bangka Belitung yang ada diperantauan yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodetabek) dan tokoh-tokoh masyarakat Bangka Belitung yang ada di Pulau Bangka dan Pulau Belitung di Gedung Puri Ardhya Garini Jakarta Timur.

Tujuan pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini yaitu untuk meningkatkan nilai persaudaraan dan menjalin tali silahturahmi masyarakat Bangka Belitung yang tinggal di Jabodetabek dan Bangka Belitung, serta menarik minat tokoh-tokoh masyarakat untuk lebih peduli terhadap pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung di Jakarta, Fadjri Jagahitam menerangkan acara ini mengusung tema "Dengan semangat Halal Bihalal kita tingkatkan rasa persaudaraan dan cinta kampung halaman untuk mensukseskan pembangunan daerah", Halal Bihalal 2016 kali ini sekaligus menyatukan persepsi untuk mendukung upaya pemerintah Babel mensukseskan berbagai program pembangunan. "Tentunya masyarakat di rantau selalu mengikuti perkembangan tanah kelahirannya dan selalu memberikan kritik, saran dan tanggapan arah pembangunan babel kedepan,"jelasnya. Dia menambahkan, untuk melepas kerinduan warga Babel akan kuliner asli daerahnya, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung menyajikan hidangan khas daerah masing-masing seperti empek-empek, tekwan, otak-otak Belinyu, mie Belitung, bludar, sarang madu, bingke, tompek siluong serta makanan-makanan ringan lainnya.

Menurut Gubernur, saat ini pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pasca kejayaan timah telah mempersiapkan empat sektor unggulan yakni sektor pariwisata, sektor kelautan dan perikanan, sektor perternakan dan perkebunan dan terakhir sektor perdagangan dan industri.

Selanjutnya Gubernur juga menambahkan bahwa pada bulan September 2016 nanti, Presiden Jokowi akan kembali menginjakkan kaki ke Bumi Serumpun Sebalai untuk meresmikan Jembatan Batu rusa II dan Bandara Depati  Amir yang baru.

"Dengan datangnya Presiden beberapa waktu yang lalu mampu membuat Provinsi Bangka Belitung diperhatikan oleh Pemerintah Pusat, nanti bulan September Presiden datang lagi untuk meresmikan Jembatan Batu Rusa 2 dan Bandara Depati Amir." Ungkapnya

Kondisi itu dibuktikan  dengan adanya kucuran dana dari pusat untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Belitung, pembangunan jembatan untuk menghubungkan Kabupaten Bangka Induk dengan Kabupaten Bangka Barat, serta bantuan transit haji. 

Untuk itu Gubernur berharap dengan silahturahmi ini masyarakat Bangka Belitung yang ada di perantauan mampu memberikan masukan-masukan yang bermanfaat untuk proses pembangunan Provinsinya.

"Tanpa ada rasa kepedulian dari masyarakat, proses pembangunan tidak dapat berjalan dengan baik karena akan berjalan tanpa rasa persatuan dan kesatuan," tambahnya.

Rustam Effendi mengajak warga Babel di perantauan untuk tetap berperan serta membangun tanah kelahirannya, bersinergi dengan pemerintah daerah dengan senantiasa menyumbangkan pemikiran dan gagasan kreatif untuk kemajuan Negeri Serumpun Sebalai.

Hal senada juga diungkapkan oleh DR. Ridho Sani, Tokoh organisasi masyarakat Babel perantauan di Jabodetabek, melihat bahwa halal bihalal ini merupakan upaya untuk menghimpun potensi sumberdaya di Bangka Belitung maupun diperantauan untuk menjadi suatu kekuatan untuk membangun Bangka Belitung kedepannya.

"Halal Bihalal ini telah menjadi tradisi tahunan dan berharap pemerintah terus memperhatikan budaya dan tradisi yang ada di Bangka Belitung." Harapnya.

Fadjri Djagahitam, juga menjelaskan bahwa undangan dihadiri oleh pejabat, tokoh-tokoh masyarakat Babel di seluruh kabupaten/kota, sesepuh yang berada di Jabodetabek, dan seluruh masyarakat Babel yang tinggal di  DKI Jakarta, Tangerang dan Banten.

Kegiatan ini juga merupakan kerjasama Pemprov dan persatuan ibu-ibu Bangka Belitung di Jakarta, partisipasi kabupaten/kota dan pihak swasta.

Selain Halal Bihalal dan Silahturahmi kegiatan ini juga membuka bazar yang menjual aneka makanan khas Bangka Belitung seperti Pempek, Tekwan, Model, Kemplang Kerupuk, Otak-otak, Lakso dan banyak makanan lainnya.

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Nina
Fotografer: 
Deden
Editor: 
Prima Indrasari