JENIS DAN BENTUK MEDIA ARSIP

Berdasarkan jenis dan bentuk medianya, arsip dapat digolongkan sebagai berikut :

  1. Arsip tekstual ( konvensional) adalah arsip dalam bentuk teks yang biasanya direkam pada media kertas dan dapat di baca tanpa menggunakan bantuan alat atau mesin, contohnya : surat pernyataan, sertifikat, ijazah, kuitansi dan sejenisnya.
  2. Arsip kartografik dan kearsitekturan adalah arsip yang isi informasinya dalam bentuk peta, chart, denah bangunan, enginering, drawing dan sejenisnya
  3. Arsip pandang dengar (Audio Visual) adalah informasi atau arsip yang bisa dipandang dan didengar (audio Visual) yang dikelompokkan Menjadi :
  1. Gambar Statoil (still image), contohnya foto, slide poster dan sejenisnya,
  2. Citra bergerak (moving image)contohnya film dan video.
  3. Rekaman suara (sound recording) contohnya kaset suara, piringan hitam, dll.
  1. Arsip komputer adalah informasi yang diciptakan dengan menggunakan komputer yang direkam dalam media magnetis maupun media optical, seperti hard disk, floppydisk, cd rom, dan sejenisnya. Arsip komputer ini sering disebut dengan arsip bacaan mesin ( Machines readable records). Ada juga yang menyebutnya arsip elektronik atau arsip digital, yaitu arsip yang berisi tentang  rekaman informasi dari suatu kegiatan yang diciptakan atau dibuat dengan menggunakan komputer sebagai alat. Arsip jenis ini dikenal juga sebagai arsip yang berbasis komputer (Computer-based records) karena arsip jenis ini tidak dapat dibaca dengan kasa mata tetapi harus menggunakan mesin komputer.
  2. Arsip bentuk mikro adalah informasi yang diciptakan telah dialih mengiakan sesuai kebutuhan penyimpanan dan penemuan kembali secara cepat dalam bentuk mikrofon sebagai Micro records. Ada beberapa jenis microform yang saat ini masih digunakan, antara lain mikrofilm , microfische, jaket, Micro opaque, dan sejenisnya.

Jenis dan bentuk media arsip terus berkembang sesuai dengan kemajuan dalam teknologi dan informasi. Arsip bukan lagi hanya bentuk konvensional (tekstual) tetapi juga non konvensional (Seperti arsip kartografi dan kearsitekturan, arsip audio visual, arsip komputer dan arsip bentuk mikro).

Penulis: 
Ibadiah Mahmuda
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi
18/01/2018 | Badan Penghubung Provinsi