JANGAN SEPELEKAN KESEHATAN GUSI

Para ahli menyatakan mulut adalah tempat awal terjadinya sebagian besar penyakit. Salah satunya adalah penyakit gusi. Tahukah anda, penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang paling umum di dunia?

Para wanita, terutama yang sudah menopause, wajib mewaspadai penyakit gusi ini sebab dapat meningkatkan risiko kanker payudara hingga 14%. Menurut peneliti, risiko itu akan meningkat menjadi 30 % pada wanita yang merokok.

Seorang profesor epidemilogi sekaligus peneliti kanker, Jo Freudenheim, pernah melakukan suatu penelitian pada masalah ini. Ia dan rekannya mengumpulkan data dari 74.000 wanita yang tidak memiliki sejarah kanker payudara. Tapi setelah diteliti selama tujuh tahun lebih dari 2000 wanita di diagnosis terkena kanker payudara. Peneliti menemukan kalau wanita yang memiliki penyakit gusi dan disertai kebiasaan merokok, memiliki 32% risiko terkena kanker payudara.

Di lain tempat ada juga sebuah penelitian yang mengatakan hubungan antara penyakit gusi dengan penyakit kronis lainnya. Termasuk stroke, serangan jantung dan kanker lainnya. “Dengan mengobati penyakit gusi akan menurunkan risiko penyakit ini” ujar Freudenheim.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit gusi pada wanita. Tapi gaya hidup tidak sehatlah yang sering menjadi biang keladinya. Contohnya saja seperti tidak berolahraga, konsumsi alkohol yang berlebihan, hingga asupan makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu mulailah dari sekarang memperhatikan kesehatan gusi kita.  (Sumber : dari berbagai sumber)

Penulis: 
Nina
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
09/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi