Cara Mengatasi Utang

Sebagai karyawan kadangkala kita berhutang untuk mencukupi kehidupan kita, membeli  rumah, kendaraan, atau untuk memenuhi gengsi gaya hidup kita. Tapi hati-hati bila tidak `Bila kita terlilit utang, ada kiat-kiat untuk melepaskan lilitan hutang itu dan menyehatkan kembali keuangan kita antara lain

1. Data Utang Kita : jenis utang, sisa utang, bunga, jatuh tempo hingga sumber utang. Lalu urutkan mulai dari utang dengan bunga tertinggi yang harus segera dilunasi sampai bunga terendah yang menjadi buntut penyelesaian utang.

2. Lunasi utang dari aset yang ada, Pertama, tabungan, Kedua, bonus, insentif dan komisi tidak rutin lainnya. Jika masih kurang juga, lakukan penghematan pada pengeluaran dan cuci gudang. Penghematan pada pengeluaran yang tidak penting seperti membership fitness yang sudah jarang dimanfaatkan. Sedangkan cuci gudang dilakukan untuk barang-barang yang fungsinya sama namun jumlahnya banyak. Atau yang sudah tidak terpakai lagi namun kondisinya masih layak jual. Jika punya hobi yang bisa diuangkan, tekuni itu untuk mencari penghasilan tambahan.

3. Jika utang belum lunas, lakukan restrukturisasi utang dengan pihak kreditur (bank atau lembaga pembiayaaan).

4. Sembari menunggu utang lunas semua, segera tutup sumber pembiayaan yang sudah lunas. Misalnya tutup atau gunting kartu kredit. Setelah semua utang lunas tetaplah menjaga gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan finansial agar tidak terjerumus dalam utang lagi.

Penulis: 
Sulemi
Sumber: 
Badan Penghubung Provinsi

Artikel

21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
09/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi