BANGKA BELITUNG MEMENANGKAN 7 TROPHY PADA PARADE BUSANA DAERAH DI TMII

Putra daerah asli Bangka, Jaka Idam Cahyadi, berhasil memenangkan 7 kategori dari 10 kategori yang diperebutkan oleh 25 Provinsi pada Parade Busana Daerah Tingkat Nasional ke – 8 dalam rangka Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah ke – 41 pada hari Jumat, tanggal 22 April 2016 di Gedung Sasono Langgeng Budoyo Taman Mini Indonesia Indah.

Tujuh kategori yang dimenangkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Penyaji Busana Terbaik Antar Wilayah Sumatera, Peraga Busana Puteri Terbaik Kategori Bahan Dasar Daur Ulang, Peraga Busana Puteri Unggulan Kategori Bahan Dasar Daur Ulang, Peraga Busana Putera Kategori Bahan Dasar Khas Tradisi, Peraga Busana Puteri Unggulan Kategori Bahan Dasar Khas Tradisi, Penyaji Adibusana Unggulan Kategori Bahan Dasar Khas Tradisi dan Perancang Busana Unggulan Kategori Bahan Dasar Khas Tradisi.

Pria kelahiran Sungailiat 15 Januari 1983 ini berhasil mengalahkan 24 provinsi lainnya di Indonesia dengan 2 pasang karya busana daerah hasil rancangannya. Busana Daerah yang berwarna merah bertemakan pembauran budaya dan masyarakat etnis melayu dengan etnis China (Tionghoa) di Pulau Bangka yang hidup berdampingan dengan rukun dan damai dari dulu hingga sekarang. Jaka terinspirasi dari sejarah masyarakat Pulau Bangka dimana pada zaman dahulu yang awalnya hanya dihuni oleh mayoritas etnis Melayu muslim mulai dimasuki oleh etnis China (Tionghoa). Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini adalah kain satin merah yang di aplikasikan dengan kain cual Bangka.  Untuk pakaian prianya mencerminkan masyarakat penduduk asli Pulau Bangka (etnis Melayu) sedangkan pakaian wanitanya mencerminkan etnis China (Tionghoa).

Busana yang berwarna putih merupakan busana daerah berbahan dasar daur ulang, bertemakan bercocok tanam sahang/lada, karena Pulau Bangka merupakan salah satu penghasil sahang/lada terbesar di Indonesia, dari mulai menanam, berbuah dan memanennya. Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian ini yaitu biji saga yang di asumsikan sebagai biji lada, pelepah pisang yang telah dijemur dibentuk menyerupai daun tanaman lada, kemudian bungkus minuman (kopi) dan detergen untuk membentuk batang tanaman lada dan hiasan lainnya. Selain mempunyai bakat, Jaka juga sangat kreatif dan terampil dalam merancang busana dari bahan dasar daur ulang.

"Saya sangat bersyukur dan menyampaikan ucapan terimakasih untuk Allah, kedua orang tua dan keluarga. Jaka juga berterima kasih untuk Bapak Fajri Djagahitam selaku Kepala Kantor Penghubung Bangka Belitung, Ibu Siti Suhaidah selaku Kepala Anjungan Provinsi Babel, dan Bang Adwin selaku koordinator untuk tim" ucap Jaka atas prestasi gemilang yang diraihnya. Selamat dan sukses selalu untuk Jaka, dan terima kasih telah mengharumkan dan mengangkat citra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan karyanya.

Sumber: 
Kantor Perwakilan
Penulis: 
Nina
Fotografer: 
Reza | Reno | Titin
Editor: 
Prima Indrasari