BADAN PENGHUBUNG GELAR HALAL BIHALAL MASYARAKAT BANGKA BELITUNG DI JAKARTA

Sabtu (8/07/2017) Badan Penghubung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Jakarta menggelar Acara Halal Bihalal dan silahturahmi antara tokoh-tokoh masyarakat Bangka Belitung yang ada di perantauan yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodetabek) dan tokoh-tokoh masyarakat Bangka Belitung yang ada di Pulau Bangka dan Pulau Belitung di Panggung Tujuh Anjungan Terpadu Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Tujuan pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini yaitu untuk meningkatkan nilai persaudaraan dan menjalin tali silahturahmi masyarakat Bangka Belitung yang tinggal di Jabodetabek dan Bangka Belitung, serta menarik minat tokoh-tokoh masyarakat untuk lebih peduli terhadap pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Bangka Belitung di Jakarta, Fadjri Jagahitam menerangkan acara ini mengusung tema "Melalui Halal Bihalal Kita Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Persatuan Masyarakat Bangka Belitung Diperantauan Serta Ikut Berpartisipasi Dalam Pembangunan Daerah", tujuan dari kegiatan ini kata bapak Fadjri yaitu untuk menambah kecintaaan terhadap daerah asal dan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan Provinsi Babel. Dia menambahkan, untuk melepas kerinduan warga Babel akan kuliner asli daerahnya, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung menyajikan hidangan khas daerah masing-masing seperti empek-empek, tekwan, otak-otak Belinyu, mie Belitung, bludar, sarang madu, bingke, tompek siluong serta makanan-makanan ringan lainnya.

Acara ini dihadiri Gubernur Babel H. Erzaldi Rosman beserta Istri, dan Wakil Gubernur Babel H. Abdul Fatah beserta istri, Bupati dan Walikota se Babel,  Anggota DPR RI dan  DPD RI Perwakilan Babel, Ketua DPRD Babel, Pejabat dari Unsur Forkopimda Babel, Sekretaris Daerah Babel,  Tokoh Presidium Babel, sejumlah Kepala OPD Provinsi,  Kabupaten dan Kota, Tokoh Masyarakat,  Tokoh Pemuda, Tokoh Agama serta para pengusaha Asal Babel. Kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur serta unsur Forkofimda Se Babel disambut oleh tari sambut Sekapur Sirih.

Pada Acara Halal Bihalal tahun ini, diadakan perlombaan jongkok balap karung memakai helm dan penyerahan buku Muntok White Paper menuju sertifikat WIFO oleh masyarakat peduli kampung kepada Gubernur. Pemenang Lomba Jongkok Balap Karung yang diikuti oleh anak2 perempuan dan laki-laki ini diberikan hadiah secara langsung oleh Gubernur Erzaldi dan istri.

Gubernur Erzaldi Rosman dalam arahannya meminta kepada masyarakat Babel yang berada di perantauan untuk bersama-sama membangun Provinsi Babel. "Saya minta kepada masyarakat Babel di perantauan, mari bangun bersama-sama Babel seutuhnya,  jangan biarkan kami bekerja sendiri," ajak Erzaldi.

Menurut Erzaldi, jika bersama-sama membangun Babel,  beban seberat apapun di pastikan akan ada solusinya. "Kalau bersama akan memiliki daya ungkit yang kuat," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Erzaldi berharap moment halal bihalal dan silaturahim ini, moment untuk saling memberikan motivasi dalam membangun Provinsi Babel, sehingga masyarakat Babel menjadi masyarakat yang aman,  damai dan sejahtera. "Mudah-mudahan acara ini memberikan motivasi dan ditambah lagi saudara kita dari Sumbagsel yang ingin membangun Babel bersama- sama agar masyarakatnya lebih sejahtera," ujar Erzaldi.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengajak masyarakat Babel di luar daerah untuk mendukung pembentukan Bank Daerah Babel. Bahkan, Gubernur mengajak setiap masyarakat untuk memiliki saham, jika Bank Daerah Babel jadi didirikan.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur saat Halal Bihalal dan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Masyarakat (IKM) Babel di Anjungan Babel Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Banyak hal menarik yang disampaikan Gubernur Babel, salah satunya soal Rencana Pembentukan Bank Babel yang modalnya berasal dari seluruh Insan Masyarakat Babel dengan Target 'Fundraising' sebesar Rp1,5 Ttiliun. Dimana diharapkan setiap masyarakat Babel bisa menjadi Pemegang Saham dengan rata-rata Rp10 ribu,” ungkap Sekretaris Umum Ikatan Keluarga Masyarakat (IKM) Babel, Rudisia Usman Samin. 

Di akhir arahannya Gubernur memita agar acara seperti ini dilakukan di tempat yang berbeda, dan hasil musyawarah ditetapkan di Bandung untuk tahun 2018. "Saya minta kegiatan ini tidak satu hari, buat event dan jual produk UMKM Babel sekaligus promosi parawisata," tambahnya.

Fadjri Djagahitam, juga menjelaskan bahwa undangan dihadiri oleh pejabat, tokoh-tokoh masyarakat Babel di seluruh kabupaten/kota, sesepuh yang berada di Jabodetabek, dan seluruh masyarakat Babel yang tinggal di  DKI Jakarta, Tangerang dan Banten.

Kegiatan ini juga merupakan kerjasama Pemprov dan persatuan ibu-ibu Bangka Belitung di Jakarta, partisipasi kabupaten/kota dan pihak swasta.

Selain Halal Bihalal dan Silahturahmi kegiatan ini juga membuka bazar yang menjual aneka makanan khas Bangka Belitung seperti Pempek, Tekwan, Model, Kemplang Kerupuk, Otak-otak, Lakso dan banyak makanan lainnya.

Sumber: 
Badan Penghubung
Penulis: 
Sulemi
Fotografer: 
Reza
Editor: 
Prima Indrasari

Berita

16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...
16/10/2017 | Badan Penghubung Provin...

Berita Berdasarkan Kategori