Apel Pagi dan Sore sebagai Bentuk Peningkatan Kedisiplinan di Kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Aparat Pemerintah yang memiliki mobilitas tinggi untuk bekerja dengan penuh kesadaran sebagai pelayan masyarakat sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kelancaran penyelenggaraan tugas-tugas pembangunan selain tergantung pada partisipasi masyarakat juga tergantung pada disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparatur Negara.

Sikap disiplin Pegawai selaku abdi Negara dan abdi masyarakat perlu diarahkan dan diberdayakan dengan baik sehingga Pemerintahan dapat berjalan lancar, efektif, dan efisien. Disiplin merupakan ketaatan yang dimiliki seseorang untuk melakukan nilai-nilai yang dipercaya, termasuk melakukan suatu pekerjaan dengan penuh tanggung jawab. Untuk meningkatkan kedisiplinan, kita harus berkomitmen terhadap segala sesuatu yang sudah kita putuskan.

Pegawai harus senantiasa melaksanakan tugas pokok serta fungsinya dengan patuh dan taat terhadap peraturan dan ketentuan, dalam hal ini disiplin kerja pegawai yang berlaku. Sebagai contoh mengenai disiplin kerja antara lain meliputi kepatuhan terhadap hari kerja, pelaksanaan apel pagi dan sore bagi PNS, kepatuhan terhadap jam kerja, dan pelaksanaan tugas dari atasan.

Untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai, salah satu cara yang dilakukan adalah diadakannya apel pagi dan sore di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kantor Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga dapat tercipta kebersamaan, kekompakan serta rasa kekeluargaan dalam diri masing-masing pegawai. Melalui apel, para pegawai akan mengetahui segala kegiatan yang perlu dilakukan, informasi yang perlu disampaikan oleh Pimpinan, disamping juga untuk meningkatkan disiplin kehadiran tepat waktu yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kinerja kita. Adapun apel pagi yang dilakukan di Kantor Perwakilan provinsi kepulauan Bangka Belitung dimulai pukul 08.00 sedangkan apel sore dimulai pukul 16.15 WIB.

Kegiatan apel sangat penting dimana pemimpin dapat memobilisasi pegawai, mengarahkan, menginformasikan, merencanakan, mengevaluasi kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan sedangkan bagi pegawai bermanfaat karena dapat memberi motivasi dan memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan diantara pegawai, bertambah wawasan dan kesempatan belajar untuk menjadi seorang pemimpin. Kegiatan apel di atur dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 75 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 65 Tahun 2014 Tentang Penetapan Hari Kerja dan Jam Kerja di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Pasal 3 Ayat (2).

Keberhasilan dalam mencapai tujuan selain ditentukan oleh mutu profesionalisme juga ditentukan oleh disiplin para pegawainya. Bagi aparatur Pemerintahan disiplin tersebut mencakup unsur ketaatan, kesetiaan, kesungguhan dalam menjalankan tugas dan kesanggupan mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan Negara dan masyarakat.

Hidup ini tergantung pada 3 (tiga) hal : keputusan, komitmen dan prinsip. Tiga hal tersebut tergantung kepada 1 (satu) hal : DISIPLIN.

Penulis: 
Nina
Sumber: 
Kantor Perwakilan

Artikel

21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
21/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi
09/05/2018 | Badan Penghubung Provinsi